Monday 17 June 2013

Segala Hal Tentang Intel Core Haswell



Haswell adalah keluarga baru prosesor 22nm dari Intel, masih dikenal sebagai i3, i5 dan i7 di dalam sistem PC. Jadi apakah Intel berhasil lagi dalam membuat gebrakan terbaru dari produknya ini? Dan jawaban yang pasti dari ini adalah  sedikit ya dan tidak. Sederhananya, prosesor untuk tingkat konsumen dari Intel telah memfokuskan dirinya kepada hal mobilitas yang mana kembali lagi pada prosesor Intel Core pertama di tahun 2006.


Semua tentang mobilitas

Tetapi dengan prosesor Intel Core Haswell, semua fokus tersebut hampir seluruhnya di buat untuk melakukan pekerjaan sebagaimana halnya seperti CPU murni dari bagian chip di dalam sistem komputer. Untuk sebuah mobile PC, Haswell adalah sebuah prosesor Intel core yang mengagumkan. Anda bahkan bisa menyebutkan bahwa Haswell merupakan awal dari sebuah era baru komputasi. Bahkan dengan prosesor Intel core terbaru ini, sebuah perangkat laptop dapat bertahan hingga satu minggu dalam satu kali pengisian daya. Intel telah bekerja penuh untuk hal daya dan grafis terintegrasi yang sangat baik untuk laptop dan tablet. Prosesor Intel core terbaru ini  juga sangat menjanjikan untuk generasi baru ultra-compact PC termasuk NUC Intel sendiri serta kelengkapan yang high-end, mesin game kecil, dan PC All in One. Haswell akan membuat performa dari perangkat ini  jauh lebih baik dari sebelumnya.


Efisiensi daya Haswell

Intel mengatakan Haswell merupakan keuntungan generasi tunggal terbesar dalam efisiensi daya dalam sejarah prosesor PC x86, bahkan lebih besar dari keuntungan Intel pada saat memulai debut dari Netburst Pentium 4 chip untuk prosesor Core Duo pertama.
Jadi apa yang telah dilakukan Intel untuk mencapai hal itu dan apa artinya bagi perangkat yang sebenarnya seperti laptop dan tablet? Proses ini dimulai dengan Intel mengubah target untuk konsumsi dayanya. 35 sampai 45 watt digunakan untuk menjadi target desain untuk prosesor Intel mobile. Dan saat ini, Intel menetapkan target dari 10 sampai 20 watt.
Adapun jika target ini tercapi oleh Intel, maka usaha Intel untuk bertahun-tahun terakhir bisa dibilang sukses.  Dengan Haswell, Intel adalah mengambil langkah lebih lanjut dengan memperkenalkan  Mobile-U ultra-low voltage models yang cukup banyak SoC atau  system-on-a-chip designs, lengkap dengan fungsi PCH seperti USB pada CPU. Itu tidak benar-benar terjadi untuk desktop dan bagian Mobile-M yang telah diumumkan sejauh ini. Jika Haswell yang mampu melakukan efisiensi daya pada perangkatnya, maka setidaknya prosesor ini mampu membawa aktif Windows 8 hingga waktu sembilan jam  dan enam jam untuk pemutaran video HD.
Dalam beberapa hal bahkan lebih mengesankan adalah kemampuannya bertahan hingga tujuh hari dalam posisi standby yang mana dikenal dengan nama "fresh data".Itu berarti notebook Haswell bisa bertahan hingga tujuh hari dalam penggunaan biasa, seperti mengecek email, mengintip akun jejaring sosial anda dan kegiatan ringan lainnya.


Grafis Haswell

Sebuah kunci yang harus dinilai dari chip baru sebuah prosesor adalah tingkatan grafis yang berhasil dibawanya, karena tingkatan grafis pada sebuah chip prosesor tebaru adalah merupakan sebuah pembeda utama dari chip prosesor lainnya atau sebelumnya. Performa tercepat versi Sandy Bridge dari Intel HD Graphics yang mencatat 16  unit eksekusi dan 1.150 Mhz. Sementera di dalam Haswell, anda akan meledak jumlahnya menjadi i 40 unit dan 1.300 MHz. Dengan kata lain, kinerja yang dicapainya dua kali lipat kinerja komputasi baku. Intel juga telah menambahkan sebuah lempengan 128MB opsional eDRAM ke Haswell. Ini merupakan potongan silikon yang terpisah, namun benar-benar beroperasi sebagai shared L4 cache untuk kedua grafis dan core CPU.


Chipset Haswell

Chipset utama dari Haswell ini meliputi Z87 (yang menggantikan fave Z77). Chip ini juga melibatkan chip PCH dibandingkan Z77 yang lama. Itu karena Intel telah bergerak fungsionalitas lebih ke prosesor Haswell. Dengan hal ini, maka prosesor Intel core Haswell mendukung resolusi hingga 3.840 dengan 2.160 yang membuatnya kompatibel dengan Monitor 32 inci 4K Asus. Z87 PCH sebenarnya secara fisik lebih kecil dari Z77, Tapi itu tidak mencegah peningkatan beberapa spesifikasi yang ada. 



No comments: